Kamis, 10 Juli 2014

Hukum; Tidak ada asap kalau tidak ada api. Apa yang terjadi di Gaza strip ada alasannya. Jangan asal butthurt karena particular similiarity.

Yak tepat sekali beberapa waktu yang lalu terjadi perpecahan konflik di sana yang menewaskan beberapa orang. Di internet bertebaran, banyak dukungan dari simpatisan yang menunjukannya dengan melampirkan gambar GORE tanpa peringatan. -_-

Yang gw liat sekarang people cenderung mengaku prihatin atas kejadian yang terjadi di Gaza Strip. Sebenernya gw sih ga masalah orang mau mihak apa, toh tiap orang kan punya pendapat masing-masing. Yang bikin gw prihatin itu karena hampir semua orang memihak pihak X dengan dalih adanya kesamaan tertentu atau 'particular similiarity'. Pasti taulah apa yang gw maksud disini.


Dari fakta yang tersedia dan saya dapat, alasan orang memihak X tersebut cenderung seperti kaum negro yang direndahkan karena perbedaan warna kulit. Memang kasusnya berbeda, akan tetapi esensi dari konflik tersebut ialah sama; perbedaan. Ingatkah saudara tentang genosida pada PD2 dengan alasan bahwa ras jerman lebih superior. Yak, dalam pandangan saya orang yang memusuhi karena perbedaan gada bedanya sama HITLER.1

Saran saya kalo ngeliat peristiwa itu harus netral dalam mengambil sudut pandang. Tapi opsi anda bisa memihak yang benar, atau memihak yang 'sama'. 2

Saya tidak akan membeberkan apa yang terjadi akan tetapi akan saya gambarkan secara ringkas sebagai berikut; 

  • Pihak X bilang kita dilemparin bom gajelas, ga kasian apa sama anak kecil dll. Mau keluargalu digituin, engga kan!. 
  • Pihak Y bilang kalian nyulik orang kita, ya kita bales. Wajar kan kalo seorang ayah mukul orang kalo ada orang yang mau ngerampok anaknya.

Dari kisah singkat diatas kita bisa taukan siapa sumber apinya. So far sayangnya belum ada yang bisa dipercaya sampe saat ini, jadi sejujurnya saya belum bisa memihak siapapun karena informasi yang ada masih diragukan. 

Damn people please use your Central Nervous System a little. God create it for a reason. Look, liat betapa menyedihkannya anda apabila (misalnya) kalian menyalahkan seorang Ayah memukul Perampok karena hendak mencuri dompet Anaknya karena warna kaus kaki perampok tersebut sama dengan punya anda.3

Sebenarnya saya takut menulis perihal sensitif seperti ini, saya takut apabila ada ormas ataupun fundamentalis ekstrim yang baca ini dibiliang  saya dibilang Tafir, Antek Yahudi dkk. -_- Padahal jelas2 saya tidak menyinggung tentang keyakinan anda.


Pic sauce:
dw.de
en.wikipedia.org
championfh.net

----------------------


1 Maaf tapi, disini saya tidak menjelekan Hitler. Saya kagum terhadap beliau dengan alasan tertentu. Yang saya tekankan disini sifat fasisnya.
2  Saya tidak berkata bahwa pihak Y benar dan X salah. Yang saya maksud adalah memihak X atau Y karena alasan karena Fakta, bukan karena kesamaan.
3  Berdasarkan perumpamaan yang saya tulis di paragraf sebelumnya.

0 komentar:

Posting Komentar